Friday, November 9, 2012

Proyek pembangunan terlama di dunia Hotel of Doom

Hotel of Doom di Korea Utara tercatat sebagai proyek pembangunan terlama di dunia abad ini | Jakarta News Today.




 

Jika jaman dahulu kala, sebuah proyek pembangunan biasa dikerjakan puluhan tahun, hingga ratusan tahun karena kurangnya dukungan sumber daya manusia dan teknologi. Namun di Ryugyong, Korea Utara  justeru mencatat proyek pembangunan terlama di dunia dalam sejarah dunia konstruksi moderen di abad ini, dengan alasan yang hampir sama, akibat ketertinggalan pembangunan dibawah pemerintahan komnunisme yang tertutup.



Hotel berbentuk piramida dengan 105 lantai tersebut yang dikenal sebagai Hotel of Doom tersebut, pembangunan konstruksinya telah dimulai sejak 25 tahun yang lalu pada tahun 1987 dan akan dibuka pada pada tahun depan 2013. Saat ini hotel tersebut tercatat sebagi bangunan tertinggi di dunia ke 47, setinggi 330 meter dan bangunan yang memiliki jumlah lantai terbanyak ke 5 di dunia dengan 105 lantai dan 150 kamar.

Seharusnya Hotel of Doom tersebut dijadwalkan sudah selesai sejak 1989 pada saat Festival Dunia Pemuda dan Mahasiswa ke 13, namun pembangunan konstruksinya terhenti sejak 1992 ketika krisis ekonomi melanda Korea Utara.

Kini dengan menggandeng jaringan hotel mewah Kempinsky Hotel dari Jerman, jika sebelumnya Hotel of Doom tercatat sebagai proyek pembangunan terlama di dunia, tampaknya kini pemerintah Kore Utara mulai unjuk gigi menjadikan hotel tersebut sebagai ikon dan simbol keterbukaan pariwisata Korea Utara.. 


Author: Google Plus 

0 comments:

Post a Comment