Monday, January 7, 2013

Kebiasaan salah kaprah yang tak kita sadari

Kebiasaan salah kaprah yang sering kita lakukan justeru kerap kali merugikan kesehatan sendiri | Jakarta News Today.


 Kebiasaan salah kaprah yang sering dilakukan  

Apa saja kebiasaan salah kaprah tersebut ?

  1. Menggunakan pakaian tebal atau selimut tebal pada saat mengalami demam Reaksi spontan pada saat mengalami demam, biasanya adalah mengenakan selimut tebal atau baju berlapis-lapis yang bisa menghangatkan badan. Namun ternyata kebiasaan itu justeru bisa membuat temperatur dan suhu badan malah semakin tinggi sehingga mengakibatkan demam berkepanjangan.   Seharusnya pada saat mengalami demam, segera periksa ke dokter dan hindari terkena angin langsung, seperti jendela yang terbuka, ac menyala atau kipas angin.


 2. Terlalu sering memakai hand sanitizer. Kebiasaan salah kaprah akibat malas cuci tangan dan terlalu sering memakai hand sanitizer juga tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya kandungan triklosan yang ada di dalam hand sanitizer jika terlalu sering digunakan justeru akan membuat bakteri menjadi resisten dan kebal terhadap antipseptik. Mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya dengan air bersih masih tetap lebih baik, kecuali dalam keadaan terpaksa karena tidak ada air bersih.


 3. Langsung menggosok gigi sesudah makan. Kebiasaan menggosok gigi langsung sesudah makan juga kurang baik bagi kesehatan, terlebih lagi bila kita habis mengkonsumsi minuman bersoda atau makanan asam.   Zat asam atau soda yang masih melekat di gigi justeru akan menyebar ke sela-sela dan rongga gigi akibat gosokan sikat gigi. Selain itu zat asam yang masih melekat di gigi justeru akan berfungsi seperti ampelas yang akan mengikis lapisan email.


 Jadi sebaiknya seusai makan tunggu dahulu sekitar 1 jam dan didahului dengan berkumur-kumur dahulu sebelum mulai menggosok gigi. Hindari kebiasaan salah kaprah yang malah merugikan kesehatan tanpa kita sadari.

0 comments:

Post a Comment